Gistfunders.org

Berita Terfavorit Aktual Mancanegara

Berita Terkini Kembalinya Kota Raqqan Oleh Isis

Berita Terkini Kembalinya Kota Raqqan Oleh Isis

Lebih dari empat tahun sejak kelompok isis menyerang kota raqqa di suriah dimana kelompok tersebut dapat dikalahkan dan jatuh. Namun dari masa – masa kelam ini dampak yang dialami sampai saat ini masih terasa.

Trauma besar dialami oleh beberapa warga kota raqqa khususnya perempuan yazidi dan Kristen yang menjadi tawanan kelompok isis, yang mana pada masa tawanannya mereka menjadi budak seks dan diperjual belikan. Hal tersebut sungguh sangat tidak manusiawi.

Kembalinya Kota Raqqa Oleh Kelompok Isis

Dari masa kelam kota tersebut terdapat seorang perumpuan bernama layla moustaffa, perempuan ini merupakan pahlawan bagi warga raqqa yang sudah berupaya sekuat tenaga untuk kembali membangun kota kelahirannya. Dari kerja kerasnya itu mendapatkan sebuah penghargaan dari internasional mayor of the word.

Perempuan yang bernama layla moustaffa ini merupakan perempuan kelahiran raqqa di wilayah timur suriah yang mempunyai gelar sarjana teknik sipil yang kemudian diangkat menjadi ketua dewan sipil raqqa sejak isis dilakahkan oleh pasukan demokratik suriah yang dipimpin langsung oleh colonel pimpinan AS.

Dibawah pimpinannya, layla moustaffa mengajak ribuan kaum perempuan dan laki – laki untuk bekerja bersama membangun lagi apa yang sudah dihancurkan oleh kelompok isis empat tahun silam.

Dengan penghargaan yang sudah diterima atas pengabdian dan tekadnya membangun kota raqqa sangat membantu membangkitkan semangat layla moustaffa untuk membangkitkan kota nya dengan mengerahkan smeua tenaga dari berbagai elemen.

Pada saat itu kota raqqa hampir rata dengan tanah dan ribuan orang melarikan diri dari kota ini. Dalam membangunnya kembali kota raqqa juga penuh dengan resiko karena masih banyak ranjau – ranjau yang bertebaran dijalanan.

Kebanggaan sorang layla moustaffa yaitu dapat kembali memperjuangkan hak – hak perempuan pada saat itu di kota raqqa atas kekejaman isis terhadap kaum perempuan.

Pada saat layla moustaffa melanacrkan misinya dengan membangkitkan kembali kota raqqa hal pilu yang dihadapi yaitu mereka hanya bisa melihat reruntuhan dan hanya itulah yang tersisa pada saat itu. Tidak ada layanan public, tidak ada air, tidak ada listrik, dan layanan kesehatan yang sangat minim.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2020 sebagai symbol bangkitnya kota raqqa yang berisikan agama, warisan budaya, dan sejarah kota dibangunlah semua museum bernama museum raqqa sebagai symbol bangkitanya kota raqqa.

Dalam proses pembangunannya meskipun dengan sumber daya yang sangat terbatas dan kemampuan yang sangat terbatas pula, kota ini nyatanya dapat bangit kembali dengan modal semangat dan kegigihan sesuai dengan program dan rencana dalam setiap tahapnya.

Kota raqqa saat ini berubah menjadi surge setelah penjara mengerikan bagi pengguninya. Proyek – proyek layanan public seperti penyedia layanan air bersih, penyedia listrik, sekolah, rumah sakit yang layak, dan beberapa pusat kesehatan yang semuanya dibangunsecara bertahap.

Dengan dedikasinya dengan sepenuh hati layla moustaffa layak mendapatkan dan rasa hormat dan kepercayaang dari warga kota raqqa, karena dengan modal tekad dan semngatnya terus – menerus untuk memberdayakan orang – orang yang mengalami trauma berat akibat serangan kelompok isis dari berbagi latar belakang social budaya. 

Dengan ini, kembalinya kota raqqa dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk membangun kota kelahiran masing – masing menjadi lebih baik dan layak untuk dihuni.

Selain itu juga menjadi kebanggan bagi seluah perempuan di dunia bahwa perempuan pun bisa melakukan hal di luar nalar sebagai mana mestinya.

Charles Weaver

Back to top