Gistfunders.org

Berita Terfavorit Aktual Mancanegara

Update Info Berita Karantina Covid Di Malaysia

Update Info Berita Karantina Covid Di Malaysia

Masa panademi covid 19  saat ini beberapa Negara melakukan sebuah kebijakan yang hampir sama yaitu dengan melakuakan karantina bagi pendatang dari luar negeri yang masuk atau datang ke Negara yang dituju.

Karantina ini bertujuan untuk mencegah menyebaran virus covid 19 yang mana setiap warga Negara yang akan masuk ke Negara lain wajib dikarantina. Karantina ini dilakukan selama kurang lebih 14 hari sesuai dengan masa inkubasi virus.

Selama masa karantina tersebut para pendatang tersebut secara berkala melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan mendapatkan fasilitas makan yang cukup baik.

Update Info Berita Karantina Covid

Malaysia merupakan salah satu Negara yang melakukan kelonggaran masa karantina bagi pendatang untuk pemulihan negaranya. Hal ini dinyatakan langsung oleh Ismail Sabri Yaakob selaku perdana meneteri Malaysia bawasannya aturan bagi pendatang yang ke Malaysia mendapatkan masa karantina yang lebih pendek jika sebelumnya sudah melakukan vaksin secera penuh.

Sebelumnya karantina bagi pendatang dengan tujuan Malaysia wajib melakukan karantina selama 14 hari, akan tetapi sesuai dengan keputusan perdana menteri Malaysia jika sudah melakukan vaksin masa karantina dipotong menjadi 7 hari masa karantina.

Selain itu para pendatang juga diperkenankan melakukan karantina secara mandiri di rumah maupun di hotel jika memungkinkan. Peraturan yang sudah disampaikan perdana menteri tidak berlaku kepada pendatang maupun wisatawan yang belum melakukan vaksin.

Mereka harus menjalani masa karantina selama 14 hari di pusat karantina dengan pengawasan tenaga medis yang ketat serta mendapat pelayanan yang intensif demi meminimalisir penyebaran virus covid 19.

Dengan berlakunya kelonggaran karantina di Malaysia juga berdampak pada layanan akses jalan raya dan protocol yang diizinkan beroprasi sepajang waktu atau selama 24 jam penuh dengan fasilitas rest area.

Selain itu beberapa moda transportasi baik umum maupun yang berbasis aplikasi diperboleh beroprasi kembali tentunya dengan protocol kesehatan yang ketat. Untuk kapasitas penumpang yang diberikan pada semua jenis moda trasportasi tidak boleh penuh dan berdesakan akan tetapi dengan kapasitas 50%.

Dengan kelonggaran masa karantina ini juga mempunyai pengaruh terhadap pusat siber dan rumah makan atau kafe. pusat siber dan rumah makan atau kafe diizinkan beroprasi dengan ketentuan kapaitas 100 % pada fase empat setiap akhir pekan akan tetapi jika masi berada pada fase tiga kapasitas yang diperbolehkan sebanyak 80%.

Beberapa kegiatan seperti pameran, pertemuan, konvensi, dan insentif jika berada pada fase tiga dari rencana pemulihan akan diberi izin beroperasi dengan syarat bagi setiap yang menghadiri wajib sudah melakukan vaksinasi secara penuh. Dan tetap ada batasan sebanyak 50-80% pada setiap kegiatan acara.

Khusus untuk kegiatan seperti pameran, pertemuan, konvensi, dan insentif terdapat aturan yang disampaikan langsung perdana menteri Malaysia bawasannya untuk seluruh peserta yang menghadiri tersebut wajib dilakukan tes anti gen atau swab. 

Perdana menteri Malaysia juga mengungkapkan peraturan berupa prosedur perjalanan internasional khusu untuk perjalanan umroh telah diumumkan dan ditetapkan sejalan dengan perjalanan baik antar kota terlebih perjalanan antar Negara.

Dengan pernyataan yang sudah disampaikan perdana menteri Malaysia berjalanan dengan tujuan umroh diperbolehkan akan tetapi terdapat persyaratan yang juga harus dipenuhi oleh Jemaah yang akan melakuakn perjalanan umroh. 

Berikut disampaikan update info berita karantina covid di Malaysia. Nantikan beberapa update berita lainnya dan pastikan anda tidak ketinggalan membaca update berita mancanegara lainnya.  

Charles Weaver

Back to top