Gistfunders.org

Berita Terfavorit Aktual Mancanegara

Liputan Aktual Terkini Dua Negara Adidaya

Liputan Aktual Terkini Dua Negara Adidaya

Negara adidaya merupakan suatu Negara dengan posisi yang mengusai dunia yang biasa ditandai dengan sebuah kemampuan atapun kehebatannya dalam berkuas secara besar dalam skala gobal.

Negara adidaya dapat memberikan pengaruh besar kepada Negara – negra dunia dengan memproyeksikan kekuasaan melalui beberapa sector militer, ekonomi, budaya, dan terlebih dalam bidang teknologi sampai kekuatan diplomatic.

Istilah nama Negara adidaya mucul ketika perang dunia ke-2. Negara yang dapat julukan Negara adidaya ialah Negara yang mampu bertarung dan menentang Negara yang lain dalam skala besar atau global.

Saat ini terdapat dua Negara yang menjadi Negara adidaya yaitu Amerika dan Rusia. Kedua negra inilah yang saat ini mendominasi bahkan menjadi negra yang paling berpengaruh didunia.

Jika dilihat dari sejarahnya Negara adidaya tidak memiliki pengertian yang khusus namun mempunyai karakteristik yaitu identitas nasional, militer, sumber daya manusia, ekonomi, letak geografis, populasi, hingga kekuatan diplomatic.

Namun saat ini kedua Negara adidaya ini sedang terlibat dalam konflik batas perairan yang sempat menimbulkan ketegangan.

Liputan Actual Terkini Kapal Perang Rusia Usir Kapal AS

Insiden yang menegangkan ini terjadi ketika kapal perang angakatan laut rusia dan cina sedang melakukan latihan di derah tersebut dan melewati batas territorial rusia di laut jepang.

Pemerintah rusia sendiri memerintahkan kapal perangnya untuk mengusir kapal perang rusia yang telah melanggar batas territorial rusia di perairan laut jepang. Seperti yang sudah dilansir dari kementrian pertahanan Rusia bahwa kapal perang Amerika, dimana beberapa hari lalu beroprasi di laut jepang dan mendekati batas federasi Rusia untuk menyebrangi perbatasan.

Kapal perang rusia sudah beberapa kali mengeluarkan peringatan baik secara lisan, mengirim pesan lewat radar, hingga tembakan peringatan dengan maksud tindakan yang dilakukan kapal perang Amerika sudah menyalahi aturan.

Berdasarkan laporan dari kementrian pertahanan rusia, kapal perang milik Amerika tersebut mengindahkan segala bentuk peringatan dari kapal perang Rusia. Kementrian pertahana rusia juga mengatakan  bahwa sesuai dengan kerangka aturan navigasi internasional, mengarahkan kapal perang rusia harus mengusir segala bentuk penyusup dari territorial rusia di laut jepang.

Dengan berbagia tentangan yang diberikan rusia terhadap kapal perang amerika, pangkalan angkatan laut amerika membuat sebuah pernyataan bahwa kapal – kapalnya sedang melakukan operasi rutin berbasis internasional di perairan laut jepang. Lebih lanjut angkatan laut amerika menganggap bahwa hal ini merupakan interaksi yang professional dan aman.

Pangkalan militer angkatan laut lebih lanjut menyatakan telah memberi informasi kepada angkatan laut rusia bawasannya akan melakukan operasi dan maneuver di perbatasan perairan tersebut, akan tetapi rusia menganggap interaksi tersebut tidak berlaku.

Kapal perang Amerika menganggap telah melakukan operasi sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku dan kebiasaan yang bersifat internasional. Lebih lanjut Amerika menegaskan akan terus beroprasi, berlayar, dan terbang dimana hukum yang bersifat internasional tersebut berlaku dan mengizinkan.

Sudah bukan menjadi rahasi lagi ketika dua Negara adidaya terlibat dalam permasalahan sederhana yang bisa menjadi masalah yang serius. Karena kedua Negara ini mempertahankan statusnya sebagai negera yang berkuasa di dunia. 

Berikut ini merupakan liputan actual terkini dimana dua Negara adidaya terlibat ketegangan karena kapal perang Amerika melanggar batas territorial rusia di laut jepang. Hal ini menunjukkan bahwa negera adidaya akan terus berkuasa secara global dan tidak mau diangap sebagai Negara yang lemah.

Charles Weaver

Back to top